1662 Blaise Pascal memperkenalkan coach (kereta kusir angkutan umum) yang
melayani lima
rute di Paris. Pascal meninggal pada tahun
yang sama dan layanan angkutan itu dihentikan dua tahun kemudian.
1819 Era ‘angkutan transit urban’
datang dengan munculnya jalur stagecoach
(kereta kusir penumpang untuk umum) di Paris. Kendaraan baru ‘omnibus’
diperkenalkan tahun 1825.
1827 Layanan angkutan transit urban
di Amerika Serikat dibuka –jalur stagecoach
beroperasi di Broadway di New York
City .
1829 Layanan omnibus
reguler yang terjadwal dibuka di London. 1832, layanan itu mendapatkan
legalitas untuk mengangkut dan memasang tarif penumpang di sepanjang rute itu.
1832 Jalur rel untuk kereta kuda pertama
di dunia dibuka di New York City .
1838 Jalur rel kereta sub-urban
pertama di dunia mulai beroperasi di London.
Kereta komuter pertama
Amerika Serikat beroperasi dari Worcester ke Boston tahun 1843.
1855 Jalur ‘mobil kuda’ (horse car) pertama di Eropa dibuka di
Paris.
1863 Jalur kereta bawah tanah (subway) pertama mulai beroperasi di di London . Kereta-kereta
ditarik dengan kereta mesin uap, dan jalur itu disebut sewer railway (ini bisa berarti rel gorong-gorong atau rel tukang
jahit).
1868 Jalur rel pertama di dunia yang
dibangun dengan meninggikan permukaan tanah dibuka di New York City . Jalur rel kereta listrik terbukti tidak sukses,
dan diganti lokomotif uap.
1870 Jalur kereta bawah tanah yang
digerakkan oleh gas bertekanan tinggi dibuka di New York City . Hanya 300 kaki panjang nya,
jalur itu behenti beroperasi tiga tahun kemudian. Jalur bawah tanah itu
sekarang masih ada.
1872 Wabah penyakit membunuh ribuan
kuda di kota-kota pantai timur dan menyebabkan krisis bagi para operator kereta
rel (yang ditarik) kuda. Mereka mulai mencari tenaga penggerak lain.
Cincinati mendapatkan
rel bengkok yang pertama. Rel-rel itu juga belakangan dibuat di Los Angeles , Pittsburg dan Duluth serta di New Jersey .
Jalur rel kereta yang
cukup mengesankan (the S-Bahn) dibuka layanannya di Berlin .
1873 Andrew Hallidie sukses
mengujicobakan ‘mobil kabel’ (cable car)
di San Fransisco. Layanan regulernya mulai beroperasi sebulan berikutnya.
1880 Konstruksi tunel rel bawah tanah
sungai Hudson
dihentikan ketika roboh menewaskan 20 pekerja. Pekerjaan dilanjutkan tahun 1902,
dan Hudson Tubes (jaringan rel bawah tanah Hudson ) –kini digunakan oleh kereta PATH-
yang akhirnya dibuka tahun1908.
1881 Layanan troli listrik pertama
dunia dibuka di pinggir kota
Berlin . Werner von Siemens
penemunya.
1882 ‘Mobil kabel’ mulai beroperasi
di Chicago
bulan Januari membuktikan bahwa iklim bukan halangan buat teknologi. Jalur
berikutnya beroperasi di 30 kota
di AS. Chicago
menempati urutan kedua dalam jaringan jalur terbesar ini setelah San
Fransisco.
1883 Rel kereta listrik antar kota pertama di dunia mulai beroperasi di Giant’s Causeway
di Irlandia Utara. Jalur ini behenti tahun 1949.
1888 Frank J. Spague membuka sistem
jalur mobil listrik jalanan sepanjang 12 mil di Richmond . Kesuksesannya memicu perkembangan
secara luas ‘sistem troli listrik’.
1890 Kereta bawah tanah (subway) tenaga listrik pertama di dunia
dibuka di London .
Usaha ini sangat suskses, dan tahun 1906 jaringan yang luas di bangun segera.
1892 Jalur rel darat di The South Side dibuka di Chicago. Kereta-kereta pertama ditarik dengan
lokomotif bermesin uap; kereta listrik mulai beroperasi tahun 1895.
1896 Bulan Mei, Budapest
menjadi kota
kedua dunia dengan transit bawah tanah (jalur trem). Desember, Glasgow menjadi kota ketiga dengan 6,6
mil jalur rel kereta yang digerakkan kabel-kabel.
1897 Boston
menjadi kota pertama AS dengan jalur kereta bawah tanah ketika jalur trem di bawah
Tremont Street mulai beroperasi. Tunel itu masih digunakan.
Jalur
jaringan rel Chicago
selesai dibangun. Sementara semua kereta api rel darat menggunakan listrik.
Kereta-kereta itu memiliki sistem unit terpadu (multiple-unit system) yang di dalamnya setiap mobil punya motornya
sendiri.
1899 Bus-bus motor pertama di dunia
mulai dibuka untuk umum di London .
1900 Jalur Metro pertama di Paris dibuka untuk umum.
1901 Jalur monorel pertama di dunia,
sepanjang 8 mil, mulai beroperasi di Wuppertal ,
Jerman. Jalur itu masih digunakan.
1902 Kereta bawah tanah pertama Berlin (the U-Bahn)
dibuka.
1904 Jalur ereta bawah tanah pertama New York City dibuka; berjalan di bawah Forth Avenue dan Broadway dari Brooklyn ke 145th
Street . Ini jalur pertama dengan 4 trek untuk
layanan lokal dan ekspress.
1905 Jalur bus motor pertama di AS
dibuka untuk umum, dengan dobel deker yang beroprasi di Fifth Avenue di New York City .
1907 Rapid transit (transit cepat) dikenal di Philadelphia dengan kombinasi jalur kereta
bawah tanah dan kereta darat sepanjang Market Street .
1910 Jalur troli tanpa trek pertama
di AS dibuka di Hollywood , California . Ini awal bagi daerah lain di
Eropa.
1912 Para pegawai kantor komuter
bepergian dari Boston ke New
York City naik trem yang menggunakan lusinan jalur dan berjalan
melalui Worcester , Springfield ,
Hartford , New Haven ,
dan Bridgeport .
Total tarif mencapai $2.40.
1913 Jalur kereta bawah tanah pertama
di Amerika Latin dibuka di Buenos
Aires .
1914 Layanan jitney (bus kecil angkut penumpang berbiaya murah) muncul di Los Angeles , menciptakan
ancaman serius bagi bisnis trem. Jitney pun segera dinyatakan illegal di hampir
semua kota di
AS.
1917 Dalam kecelakaan transit
terburuk dalam sejarah AS, 97 orang tewas dalam tabrakan kereta bawah tanah di Malbone Street di Brooklyn , New York .
1919 Metro di Madrid dibuka untuk
umum. Ini cukup ambisius di dunia dalam hal mengangkut penumpang per satu mil
rute. Karena ada jam tidur siang di tengah jam kerja, metro punya jam angkut
maksimal empat kali.
1923 Ini tahun ‘jam angkut maksimal’
bagi perusahaan trem di AS: 13,6 miliar penumpang.
1926 Tunel sepanjang 3 mil untuk trem
di buka di Sydney , Australia .
1927 Jalur rel Ginza di Tokyo di
buka: kereta bawah tanah pertama di Asia .
1935 Jalur kereta bawah tanah pertama
Moscow dibuka.
Jaringan kereta di Moscow
sekarang mengangku lebih banyak penumpang dibanding tempat lain di dunia.
1936 Trem PCC (Presidents’ Conference Committee) mulai dibuka untuk umum di New York City . Trem-trem
ini dikembangkan sebagai usah untuk melakukan standarisasi peralatan dalam
industri transit.
1937 Paris
menjadi kota
besar pertama di dunia yang berhenti mempertahankan trem. Ini diikuti Manchester (1949), London
(1942), Edinburg (1956), Sydney
(1961), Glasgow (1962), dan Bombay
(1964).
1943 Kereta bawah tanah pertama Chicago mulai beroperasi
di bawah State Street .
1946 Ini tahun ‘jam angkut maksimal’
naik transit di AS: 23,4 miliar penumpang. Perusahaan komersial subway
dengan sistem rel darat juga demikian tahun 1946, bus 1948, dan troli tanpa
trek 1949.
1949 Long Island Railroad jatuh
bangkrut mengawali era berakhirnya rel komuter. Ini perusahaan pengangkut komuter terbesar di AS, namun mengangkut sedikit
kargo. Perusahaan ini dibeli New
York State ..
1952 Trem PCC terakhir yang dibuat AS
tiba di San Francisco .
1954 Jalur Young Street dibuka di Toronto : kereta bawah
tanah pertama Kanada.
1955 Satu jalur transit cepat Cleveland dibuka untuk
umum. Ini bangunan kereta bawah tanah pertama di AS setelah Perang Dunia II.
Layanan dihentikan di
rel darat elevasi Third Avenue di New
York City , dan bangunan ripindahkan tahun berikutnya.
Ini mengikuti sebagian besar boom
bisnis real estate di sepanjang Third
Avenue .
1956 Kereta-kereta berban karet mulai
beroperasi di jalur kereta bawah tanah Paris
sebagai uji coba desain baru ini. Kereta ini digunakan di jalur kereta bawah
tanah Montreal dan Mexico City ; keduanya dibuat dengan
asistennya dari Prancis.
Jalur trem di New York City terakhir
ditinggalkan. Detroit dan Dallas menyusul. Kansas
City mengambil langka sama 1857, Chigo 1958, Washington
D.C. 1962,, dan Los Angeles 1963.
1958 Jalur transit kereta cepat dibuka
di median strip Congres Expressway di Chicago –usaha awal
penerapan konsep ini. Jalur yang serupa dibuka di dua jalan jalur cepat di Chicago tahun 1969 dan
1970.
Highland Branch milik Boston &
Albany Railroad memasang instalasi listrik dan menambahkannya untuk jaringan
transit Boston
sebagaimana halnya di Riverside Line.
1962 Jalur monorel Alweg, 1,2 mil
panjangnya, dibuat di Seattle
untuk World’s Fair. Jalur itu masih digunakan.
1964 Skokie Swift mulai beroperasi
sebagai perluasan 5 mil sistem transit cepat Chicago . Jalur itu sudah menjadi bagian jalur
kereta api.
Satu
jalur monorel Alweg dibuka antara pusat kota Tokyo dan bandara Haneda.
1966 Transit New
York City mogok sebab ada penghentian operasi sementara di kota selama 12 hari dengan
pemogokan besar-besaran. Pemukiman mendorong tren di semua punjuru Negara untuk
menaikan gaji pekerja transit dan berikutnya biaya perjalanan penumpang.
Metro di Montreal dibuka
dalam rangka antisipasi Wold’s Fair yang diadakan musim panas berikutnya.
1968 Cleveland
memperluas jalur transit cepat di Hopkins
Airport , dan menjadi kota pertama AS yang melayani bandara dengan
pelayanan angkutan rel.
1969 Busway ekslusif pertama di dunia
dibuka di Shirley Highway
di Virginia
menuju ke Washington CBD.
Jalur transit cepat
Lindenwold dibuka antara pinggiran kota New Jersey dan pusat kota Philadelphia .
Metro di Mexico City mulai
beroperasi.
Subway baru pertama di
tengah-tengah London
sejak 60 tahun lampau mulai dibuka –Victoria Line, menghubungkan beberapa jalur
yang sudah ada. Panjangnya 10,5 mil dan biayanya $170 juta. Ini jalur sistem
rel pertama di dunia dengan mesin penarik ongkos otomatis. Dalam acara
peresmian pembukaan, Ratu Elizabet II harus meminjam uang ongkos sebab Ratu
tidak pernah membawa uang tunai.
1970 Satu lajur satu arah jalur cepat
New Jersey
menuju Lincoln Tunnel diberhentikan untuk
bus-bus pada jam sibuk pagi. Ada
500 bus per jam lewat jalur itu –mungkin ini jumlah bus tertinggi di
dunia.
1972 Bagian pertama sistem BART (Bay Area Rapid Transit) dibuka. Karena
problem teknis computer, kereta api tidak berjalan di tunnel di bawah San Francisco Bay sampai 1974. Biaya keseluruhan BART
$ 1,6 milyar.
1973 Boston
dan San Francisco
menempatkan pesanan pertama trem-trem buatan dalam negeri sejak 1952. Boston mengoperasikan Standard Light Rail Vehicle baru buatan
Boeing Vertol tahun 1976.
1974 Dallas-Fort Worth Airport
dibuka, termasuk sistem kendaraan tanpa sopir AIRTRANS yang menghubungkan antar
terminal, tempat parkir banyak, dan hotel. Sistem itu punya 13 mil jalur dan 14
stasiun.
1975 Sebagian besar uji coba layanan dial-a-ride di Haddonfield New Jersey berakhir
setelah 3 tahun masa percobaan. Dana Federal dihentikan, dan pemerintah New Jersey mengakhiri
mengambil alih. Jumlah penumpang tertinggi yang pernah dicapai 1300 orang per
hari.
Sebagian besar uji coba
PRT (personal rapid transit) dimulai
di Morgantown , West Viginia .
Jalur sepanjang 2,2 mil menghubungkan pusat kota
dengan University
of West Virginia . Jalur
itu selanjutnya diperluas; ada 5 stastiun.
1976 Bagian pertama Metro di
Washington membuka layanan. Peluasan lebih lanjut sistem ini jalur 89 mil
dengan 74 stasiun akhir 1993.
Hakim Los Angeles
menghentikan proyek jalur rel ganda ‘diamond-lane’
di Santa Monica setelah berjalan 21 minggu karena berkas Environmental Impact Statement belum diisi. Jalur itu mengambil dua jalur lalu lintas reguler
dan menyediakannya untuk bus dan pengguna kendaraan pribadi. Proyek itu tidak
populer dan tidak ada usaha yang
dibuat untuk melanjutkannya lagi.
1977 Sebuah tabrakan gerak lambat
yang tidak biasa dua kereta di Chicago’s Loop menewaskan 11 orang dan membuat
189 orang terluka ketika 4 gerbong keluar dari rel. Itu adalah kecelakaan
transit terburuk dalam sejarah di Chicago.
1978 Sistem ‘rail-light’ pertama pertama di Amerika Utara mulai buka layanan di
Edmonton, Kanada. Jalur ini diperluas jadi 6.5 mil.
1979 Bagian pertama subway MARTA di
Atlanta dibuka. Sistem ini secara
berkala diperluas jadi 32 mil dan 29 stasiun.
Sepanjang
9.6 mil jalur dua arah untuk bus dan pengguna kendaraan van –paling panjang di
AS – mulai beroperasi di Interstate 45 di Houston.
1980 Metro Tyne dan Wear dibuka di Newcastle , England sebagai sistem ‘light-rail’ pertama di Britania Raya.
Jaringannya sekarang mencakup rute sepanjang 34.5 mil.
1981 Jalur LRT (Light Rail Transit) dibuka di Calgary , Kanada. Jalur
kedua dibuka tahun 1985 dan jalur ketiga tahun 1987 secara bertahap karena
Olimpiade Musim Dingin.
1983 Baltimore buka jalur subway sepanjang 8 mil
dan menghabiskan $797 juta.
1984 Layanan dibuka di South Line di
sistem transit jalur rel kereta besar Miami .
Sistem angkut penumpang sepanjang 1,9 mil dibuka tahun1986.
1986 SkyTrain di Vancouver dibuka untuk antisipasi World’s Fair. Ini jalur rel yang betul-betul otomatis di Amerika
Utara. Biaya akhir mencapai $ 1 milyar dalam dolar Kanada.
Layanan MAX dibuka di Portland , Oregon .
Jalur ‘light-rail’ sepanjang 15 mil,
yang membentang sepanjang Banfield Expressway.
Buffalo menyelesaikan
jalur ‘light-rail’ sepanjang 6,4 mil.
Biayanya tinggi ($ 550 juta) karena hamper semua rute ada di bawah tanah.
1987 Sacramento buka jalur pertama sistem ‘light-rail’ sepanjang 18,3 mil bulan
Maret, jalur kedua bulan September. Biayanya $176 juta.
General Motors, pabrik
bus yang dominan cukup lama di AS, setuju menjual divisi bus transit kepada
Transportation Manufacturing Group atas nama Greyhound Corporation.
Jalur Orange Line di
sistem rel kereta berat dibuka; menggantikan rel elevasi yang dibangun tahun
1901. Fasilitas sepanjang -4,7 mil ini biayanya $743 juta.
Kairo buka subway
pertama di Afrika bulan Oktober. Jalur itu menghubungkan dua rel kota pinggiran, dan
memungkin untuk dilalui.
1988 Santa Clara Country mulai buka
layanan LRT menuju pusat kota San Jose bulan Juni. Jalur Guadape Line
sepanjang 20 mil selesai bulan April 1991, biayanya $ 500 juta.
Sarana angkut penumpang
pusat kota Detroit
dibuka bulan Juli. Lusinan kendaraan
bergerak di trek satu arah kira-kira sepanjang 2,9 mil dengan 13 stasiun.
1990 Los Angeles buka Blue Line bulan Juli,
menandai kembalinya transit rel setelah 30 tahun. Jalur‘light-rail’ senjang 22 mil menghubungkan pusat kota
Los Angeles dan Long Beach . Biayanya $ 877 juta.
1992 Baltimore buka sambungan pertama jalur
sentral ‘light-rail’ bulan Mei.
1993 Subway Los Angeles, disebut Red
Line, mulai buka layanan bulan Januari. Panjangnya 4,4 mil dan biayanya habis
$1,4 milyar. Pembangunan peluasannya sudah mencakup jalur bawah tanah.
Bagian jalur rel St. Louis , Metrolink,
dibuka bulan Juli. Jalur itu akan membentang 18 mil, dari Illinois
melalui pusat kota menuju Lambert Airport .
1994 Denver buka jalur light-rail’, 5,3 mil panjangnya, bulan Oktober. Kontruksi perluasan
sepanjang 8,7 mil sudah disetujui.
*Kronik ini terjemahan dari tulisan Alan Black "Urban
Mass Transportation" terbitan McGraw-Hill New York 1995 halaman 391.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar