Senin, 11 November 2013

Sejarah Angkutan Transit Massal Urban*


1662                Blaise Pascal memperkenalkan coach (kereta kusir angkutan umum) yang melayani lima rute  di Paris. Pascal meninggal pada tahun yang sama dan layanan angkutan itu dihentikan dua tahun kemudian.

1819                Era ‘angkutan transit urban’ datang dengan munculnya jalur stagecoach (kereta kusir penumpang untuk umum) di Paris. Kendaraan baru ‘omnibus’ diperkenalkan tahun 1825.

1827                Layanan angkutan transit urban di Amerika Serikat dibuka –jalur stagecoach beroperasi di Broadway di New York City.

1829                Layanan  omnibus reguler yang terjadwal dibuka di London. 1832, layanan itu mendapatkan legalitas untuk mengangkut dan memasang tarif penumpang di sepanjang rute itu.

1832                Jalur rel untuk kereta kuda pertama di dunia dibuka di New York City.

1838                Jalur rel kereta sub-urban pertama di dunia mulai beroperasi di London.  Kereta komuter pertama Amerika Serikat beroperasi dari Worcester ke Boston tahun 1843.

1855                Jalur ‘mobil kuda’ (horse car) pertama di Eropa dibuka di Paris.   

1863                Jalur kereta bawah tanah (subway) pertama mulai beroperasi di di London. Kereta-kereta ditarik dengan kereta mesin uap, dan jalur itu disebut sewer railway (ini bisa berarti rel gorong-gorong atau rel tukang jahit).

1868                Jalur rel pertama di dunia yang dibangun dengan meninggikan permukaan tanah dibuka di New York City. Jalur rel kereta listrik terbukti tidak sukses, dan diganti lokomotif uap.

1870                Jalur kereta bawah tanah yang digerakkan oleh gas bertekanan tinggi dibuka di New York City. Hanya 300 kaki panjang nya, jalur itu behenti beroperasi tiga tahun kemudian. Jalur bawah tanah itu sekarang masih ada.

1872                Wabah penyakit membunuh ribuan kuda di kota-kota pantai timur dan menyebabkan krisis bagi para operator kereta rel (yang ditarik) kuda. Mereka mulai mencari tenaga penggerak lain.      
                       
                        Cincinati mendapatkan rel bengkok yang pertama. Rel-rel itu juga belakangan dibuat di Los Angeles, Pittsburg dan Duluth serta di New Jersey.

                        Jalur rel kereta yang cukup mengesankan (the S-Bahn) dibuka layanannya di Berlin.

1873                Andrew Hallidie sukses mengujicobakan ‘mobil kabel’ (cable car) di San Fransisco. Layanan regulernya mulai beroperasi sebulan berikutnya.

1880                Konstruksi tunel rel bawah tanah sungai Hudson dihentikan ketika roboh menewaskan 20 pekerja. Pekerjaan dilanjutkan tahun 1902, dan Hudson Tubes (jaringan rel bawah tanah Hudson) –kini digunakan oleh kereta PATH- yang akhirnya dibuka tahun1908.   

1881                Layanan troli listrik pertama dunia dibuka di pinggir kota Berlin. Werner von Siemens penemunya.

1882                ‘Mobil kabel’ mulai beroperasi di Chicago bulan Januari membuktikan bahwa iklim bukan halangan buat teknologi. Jalur berikutnya beroperasi di 30 kota di AS. Chicago menempati urutan kedua dalam jaringan jalur terbesar ini setelah San Fransisco. 

1883                Rel kereta listrik antar kota pertama di dunia mulai beroperasi di Giant’s Causeway di Irlandia Utara. Jalur ini behenti tahun 1949.

1888                Frank J. Spague membuka sistem jalur mobil listrik jalanan sepanjang 12 mil di Richmond. Kesuksesannya memicu perkembangan secara luas ‘sistem troli listrik’.

1890                Kereta bawah tanah (subway) tenaga listrik pertama di dunia dibuka di London. Usaha ini sangat suskses, dan tahun 1906 jaringan yang luas di bangun segera.

1892                Jalur rel darat di The South Side dibuka di Chicago. Kereta-kereta pertama ditarik dengan lokomotif bermesin uap; kereta listrik mulai beroperasi tahun 1895.   

1896                Bulan Mei, Budapest menjadi kota kedua dunia dengan transit bawah tanah (jalur trem). Desember, Glasgow menjadi kota ketiga dengan 6,6 mil jalur rel kereta yang digerakkan kabel-kabel.

1897                Boston menjadi kota pertama AS dengan jalur kereta bawah tanah ketika jalur trem di bawah Tremont Street mulai beroperasi. Tunel itu masih digunakan.

                        Jalur jaringan rel Chicago selesai dibangun. Sementara semua kereta api rel darat menggunakan listrik. Kereta-kereta itu memiliki sistem unit terpadu (multiple-unit system) yang di dalamnya setiap mobil punya motornya sendiri.

1899                Bus-bus motor pertama di dunia mulai dibuka untuk umum di London.

1900                Jalur Metro pertama di Paris dibuka untuk umum.

1901                Jalur monorel pertama di dunia, sepanjang 8 mil, mulai beroperasi di Wuppertal, Jerman. Jalur itu masih digunakan.

1902                Kereta bawah tanah pertama Berlin (the U-Bahn) dibuka.

1904                Jalur ereta bawah tanah pertama New York City dibuka; berjalan di bawah Forth Avenue dan Broadway dari Brooklyn ke 145th Street. Ini jalur pertama dengan 4 trek untuk layanan lokal dan ekspress.

1905                Jalur bus motor pertama di AS dibuka untuk umum, dengan dobel deker yang beroprasi di Fifth Avenue di New York City.

1907                Rapid transit (transit cepat) dikenal di Philadelphia dengan kombinasi jalur kereta bawah tanah dan kereta darat sepanjang Market Street.

1910                Jalur troli tanpa trek pertama di AS dibuka di Hollywood, California. Ini awal bagi daerah lain di Eropa.

1912                Para pegawai kantor komuter bepergian dari Boston ke New York City naik trem yang menggunakan lusinan jalur dan berjalan melalui Worcester, Springfield, Hartford, New Haven, dan Bridgeport. Total tarif mencapai $2.40. 

1913                Jalur kereta bawah tanah pertama di Amerika Latin dibuka di Buenos Aires.

1914                Layanan jitney (bus kecil angkut penumpang berbiaya murah) muncul di Los Angeles, menciptakan ancaman serius bagi bisnis trem. Jitney pun segera dinyatakan illegal di hampir semua kota di AS.

1917                Dalam kecelakaan transit terburuk dalam sejarah AS, 97 orang tewas dalam tabrakan kereta bawah tanah di Malbone Street di Brooklyn, New York.  

1919                Metro di Madrid dibuka untuk umum. Ini cukup ambisius di dunia dalam hal mengangkut penumpang per satu mil rute. Karena ada jam tidur siang di tengah jam kerja, metro punya jam angkut maksimal empat kali.

1923                Ini tahun ‘jam angkut maksimal’ bagi perusahaan trem di AS: 13,6 miliar penumpang.       

1926                Tunel sepanjang 3 mil untuk trem di buka di Sydney, Australia

1927                Jalur rel Ginza di Tokyo di buka: kereta bawah tanah pertama di Asia.

1935                Jalur kereta bawah tanah pertama Moscow dibuka. Jaringan kereta di Moscow sekarang mengangku lebih banyak penumpang dibanding tempat lain di dunia. 

1936                Trem PCC (Presidents’ Conference Committee) mulai dibuka untuk umum di New York City. Trem-trem ini dikembangkan sebagai usah untuk melakukan standarisasi peralatan dalam industri transit.

1937                Paris menjadi kota besar pertama di dunia yang berhenti mempertahankan trem. Ini diikuti Manchester (1949), London (1942), Edinburg (1956), Sydney (1961), Glasgow (1962),  dan Bombay (1964).

1943                Kereta bawah tanah pertama Chicago mulai beroperasi di bawah State Street.

1946                Ini tahun ‘jam angkut maksimal’ naik transit di AS: 23,4 miliar penumpang. Perusahaan komersial subway dengan sistem rel darat juga demikian tahun 1946, bus 1948, dan troli tanpa trek 1949.  

1949                Long Island Railroad jatuh bangkrut mengawali era berakhirnya rel komuter. Ini perusahaan pengangkut komuter terbesar di AS, namun mengangkut sedikit kargo. Perusahaan ini dibeli New York State..

1952                Trem PCC terakhir yang dibuat AS tiba di San Francisco.

1954                Jalur Young Street dibuka di Toronto: kereta bawah tanah pertama Kanada.

1955                Satu jalur transit cepat Cleveland dibuka untuk umum. Ini bangunan kereta bawah tanah pertama di AS setelah Perang Dunia II.

                        Layanan dihentikan di rel darat elevasi Third Avenue di New York City, dan bangunan ripindahkan tahun berikutnya. Ini mengikuti sebagian besar boom bisnis real estate di sepanjang Third Avenue.

1956                Kereta-kereta berban karet mulai beroperasi di jalur kereta bawah tanah Paris sebagai uji coba desain baru ini. Kereta ini digunakan di jalur kereta bawah tanah Montreal dan Mexico City; keduanya dibuat dengan asistennya dari Prancis.

                        Jalur trem di New York City terakhir ditinggalkan. Detroit dan Dallas menyusul. Kansas City mengambil langka sama 1857, Chigo 1958, Washington D.C. 1962,, dan Los Angeles 1963.

1958                Jalur transit kereta cepat dibuka di median strip  Congres Expressway di Chicago –usaha awal penerapan konsep ini. Jalur yang serupa dibuka di dua jalan jalur cepat di Chicago tahun 1969 dan 1970.

Highland Branch milik Boston & Albany Railroad memasang instalasi listrik dan menambahkannya untuk jaringan transit Boston sebagaimana halnya di Riverside Line.  

1962                Jalur monorel Alweg, 1,2 mil panjangnya, dibuat di Seattle untuk World’s Fair. Jalur itu masih digunakan.

1964                Skokie Swift mulai beroperasi sebagai perluasan 5 mil sistem transit cepat Chicago. Jalur itu sudah menjadi bagian jalur kereta api.

                        Satu jalur monorel Alweg dibuka antara pusat kota Tokyo dan bandara Haneda.

1966                Transit New York City mogok sebab ada penghentian operasi sementara di kota selama 12 hari dengan pemogokan besar-besaran. Pemukiman mendorong tren di semua punjuru Negara untuk menaikan gaji pekerja transit dan berikutnya biaya perjalanan penumpang.
                       
                        Metro di Montreal dibuka dalam rangka antisipasi Wold’s Fair yang diadakan musim panas berikutnya.

1968                Cleveland memperluas jalur transit cepat di Hopkins Airport, dan menjadi kota pertama AS yang melayani bandara dengan pelayanan angkutan rel. 

1969                Busway ekslusif pertama di dunia dibuka di Shirley Highway di Virginia menuju ke Washington CBD.
                       
                        Jalur transit cepat Lindenwold dibuka antara pinggiran kota New Jersey dan pusat kota Philadelphia.

                        Metro di Mexico City mulai beroperasi.

                        Subway baru pertama di tengah-tengah London sejak 60 tahun lampau mulai dibuka –Victoria Line, menghubungkan beberapa jalur yang sudah ada. Panjangnya 10,5 mil dan biayanya $170 juta. Ini jalur sistem rel pertama di dunia dengan mesin penarik ongkos otomatis. Dalam acara peresmian pembukaan, Ratu Elizabet II harus meminjam uang ongkos sebab Ratu tidak pernah membawa uang tunai.

1970                Satu lajur satu arah jalur cepat New Jersey menuju Lincoln Tunnel diberhentikan untuk  bus-bus pada jam sibuk pagi. Ada 500 bus per jam lewat jalur itu –mungkin ini jumlah bus tertinggi di dunia. 

1972                Bagian pertama sistem BART (Bay Area Rapid Transit) dibuka. Karena problem teknis computer, kereta api tidak berjalan di tunnel di bawah San Francisco Bay sampai 1974. Biaya keseluruhan BART $ 1,6 milyar.

1973                Boston dan San Francisco menempatkan pesanan pertama trem-trem buatan dalam negeri sejak 1952. Boston mengoperasikan Standard Light Rail Vehicle baru buatan Boeing Vertol tahun 1976.   

1974                Dallas-Fort Worth Airport dibuka, termasuk sistem kendaraan tanpa sopir AIRTRANS yang menghubungkan antar terminal, tempat parkir banyak, dan hotel. Sistem itu punya 13 mil jalur dan 14 stasiun.

1975                Sebagian besar uji coba layanan dial-a-ride di Haddonfield New Jersey berakhir setelah 3 tahun masa percobaan. Dana Federal dihentikan, dan pemerintah New Jersey mengakhiri mengambil alih. Jumlah penumpang tertinggi yang pernah dicapai 1300 orang per hari. 
                        Sebagian besar uji coba PRT (personal rapid transit) dimulai di Morgantown, West Viginia. Jalur sepanjang 2,2 mil menghubungkan pusat kota dengan University of West Virginia. Jalur itu selanjutnya diperluas; ada 5 stastiun. 

1976                Bagian pertama Metro di Washington membuka layanan. Peluasan lebih lanjut sistem ini jalur 89 mil dengan 74 stasiun akhir 1993.

                        Hakim Los Angeles menghentikan proyek jalur rel ganda ‘diamond-lane’ di Santa Monica setelah berjalan 21 minggu karena berkas Environmental Impact Statement belum diisi. Jalur itu mengambil dua jalur lalu lintas reguler dan menyediakannya untuk bus dan pengguna kendaraan pribadi. Proyek itu tidak populer dan tidak ada usaha yang dibuat untuk melanjutkannya lagi.      

1977                Sebuah tabrakan gerak lambat yang tidak biasa dua kereta di Chicago’s Loop menewaskan 11 orang dan membuat 189 orang terluka ketika 4 gerbong keluar dari rel. Itu adalah kecelakaan transit terburuk dalam sejarah di Chicago.  

1978                Sistem ‘rail-light’ pertama pertama di Amerika Utara mulai buka layanan di Edmonton, Kanada. Jalur ini diperluas jadi 6.5 mil.   

1979                Bagian pertama subway MARTA di Atlanta dibuka. Sistem ini secara berkala diperluas jadi 32 mil dan 29 stasiun.   

                        Sepanjang 9.6 mil jalur dua arah untuk bus dan pengguna kendaraan van –paling panjang di AS – mulai beroperasi di Interstate 45 di Houston.

1980                Metro Tyne dan Wear dibuka di Newcastle, England sebagai sistem ‘light-rail’ pertama di Britania Raya. Jaringannya sekarang mencakup rute sepanjang 34.5 mil.

1981                Jalur LRT (Light Rail Transit) dibuka di Calgary, Kanada. Jalur kedua dibuka tahun 1985 dan jalur ketiga tahun 1987 secara bertahap karena Olimpiade Musim Dingin.

                        San Diego buka jalur ‘light-rail’ di AS. Trem troli Tijuana beropeasi jalur sepanajng16 mil: dari CBD sampai perbatasan Meksiko. Jalut kedua selesai tahun1989; sistem ini sekarang memiliki rute sepanjang 31,9 mil.
  
1983                Baltimore buka jalur subway sepanjang 8 mil dan menghabiskan $797 juta.

1984                Layanan dibuka di South Line di sistem transit jalur rel kereta besar Miami. Sistem angkut penumpang sepanjang 1,9 mil dibuka tahun1986.  

                        Chicago buka perluasan 8 mil jalur rel kereta berat menuju O’Hare Airport, yang terletak di jalur median strip di Kenedy Ekspessway. Biayanya $196 juta.   

1986                SkyTrain di Vancouver dibuka untuk antisipasi World’s Fair. Ini jalur rel yang betul-betul otomatis di Amerika Utara. Biaya akhir mencapai $ 1 milyar dalam dolar Kanada.
                       
                        Layanan MAX dibuka di Portland, Oregon. Jalur ‘light-rail’ sepanjang 15 mil, yang membentang sepanjang Banfield Expressway.     

                        Buffalo menyelesaikan jalur ‘light-rail’ sepanjang 6,4 mil. Biayanya tinggi ($ 550 juta) karena hamper semua rute ada di bawah tanah.

1987                Sacramento buka jalur pertama sistem ‘light-rail’ sepanjang 18,3 mil bulan Maret, jalur kedua bulan September. Biayanya $176 juta.

                        General Motors, pabrik bus yang dominan cukup lama di AS, setuju menjual divisi bus transit kepada Transportation Manufacturing Group atas nama Greyhound Corporation.   

                        Jalur Orange Line di sistem rel kereta berat dibuka; menggantikan rel elevasi yang dibangun tahun 1901. Fasilitas sepanjang -4,7 mil ini biayanya $743 juta.

                        Kairo buka subway pertama di Afrika bulan Oktober. Jalur itu menghubungkan dua rel kota pinggiran, dan memungkin untuk dilalui. 
 
1988                Santa Clara Country mulai buka layanan LRT menuju pusat kota San Jose bulan Juni. Jalur Guadape Line sepanjang 20 mil selesai bulan April 1991, biayanya $ 500 juta.

                        Sarana angkut penumpang pusat kota Detroit dibuka bulan Juli. Lusinan kendaraan bergerak di trek satu arah kira-kira sepanjang 2,9 mil dengan 13 stasiun. 

1990                Los Angeles buka Blue Line bulan Juli, menandai kembalinya transit rel setelah 30 tahun. Jalur‘light-rail’ senjang 22 mil menghubungkan pusat kota Los Angeles dan Long Beach. Biayanya $ 877 juta. 

1992                Baltimore buka sambungan pertama jalur sentral ‘light-rail’ bulan Mei. 

1993                Subway Los Angeles, disebut Red Line, mulai buka layanan bulan Januari. Panjangnya 4,4 mil dan biayanya habis $1,4 milyar. Pembangunan peluasannya sudah mencakup jalur bawah tanah.

                        Bagian jalur rel St. Louis, Metrolink, dibuka bulan Juli. Jalur itu akan membentang 18 mil, dari Illinois melalui pusat kota menuju Lambert Airport.

1994                Denver buka jalur light-rail’, 5,3 mil panjangnya, bulan Oktober. Kontruksi perluasan sepanjang 8,7 mil sudah disetujui.  


                      *Kronik ini terjemahan dari tulisan Alan Black "Urban Mass Transportation" terbitan McGraw-Hill New York 1995 halaman 391.                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar